Thursday 1 October 2015

Mau Buku/Majalah Gratis? Ini Caranya Daftar di e-Resources Perpusnas RI

Ini nih info menarik buat para siswa, mahasiswa dan juga masyarakat umum. Buat yang nyusun makalah, skripsi, nulis artikel, atau sekadar buat nambah wawasan, buku pastinya penting banget, kan? Nah, gimana kalau mau ngedapetinnya secara gratis? Mau nolak? Silakan... nah buat yang nggak nolak, ini dia yang dibutuhkan....
Alhamdulillah sekarang negeri ini punya e-Resources, dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Di e-Resources ada ratusan ribu buku, jurnal ilmiah, dsb yang dapat menjadi sumber referensi untuk skripsi dll. Agar dapat menikmati fasilitas e-Resources ini sangat mudah, namun pahamilah dulu persyaratan berikut ini:

1. Persyaratan
  • Siswa (minimal SLTA), mahasiswa, dan umum. Warga Negara Indonesia (WNI/WNA), berdomisili di dalam maupun luar negeri.
  • Mengisi formulir permohonan yang telah disediakan di ruang keanggotaan Lt. I C Perpustakaan Nasional RI Jl. Salemba Raya No. 28 A Jakarta
  • Menunjukkan tanda pengenal asli dan masih berlaku : i. Umum : Kartu Tanda Penduduk ii. Mahasiswa : Kartu Mahasiswa iii.Pelajar : Kartu Pelajar
  • Mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi.
  • Kartu anggota dapat pula digunakan untuk Layanan Terbuka Perpustakaan Nasional RI Jl. Merdeka Selatan No. 11, kecuali bagi yang berdomisili di luar Jabotabek.
  • Masa berlaku kartu anggota Perpustakaan Nasional RI : 5 tahun.

Selain syarat-syarat tersebut, berikut hak dan kewajiban kita sebagai anggota, setiap anggota berhak mendapatkan dan memanfaatkan fasilitas layanan jasa perpustakaan dan informasi berupa :
  • Sarana penelusuran (Kartu katalog maupun OPAC).
  • Sarana ruang baca (buku, majalah, surat kabar, AV dan koleksi langka).
  • Pemesanan koleksi sebanyak 3 (tiga) judul khusus untuk buka setiap kali permintaan.
  • Pembuatan reproduksi koleksi baik dalam bentuk foto kopi, rekaman, bentuk mikro maupun digital (untuk jasa ini dikenakan biaya sesuai dengan peraturan yang berlaku).
  • Mengikuti seleksi dan kompetisi dalam pemilihan pengunjung Perpustakaan Nasional RI terbaik. (Diselenggarakan untuk memperingati Hari Kunjung Perpustakaan dan Budaya Baca pada setiap tanggal 14 September).
  • Mengikuti bimbingan dan penyuluhan tentang Perpustakaan Nasional RI.

Mendaftar keanggotaan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di sini atau datang langsung ke Perpustakaan Nasional. Ingat pendaftaran ini GRATIS!

Saat membuka link tersebut, kamu akan mendapati laman ini,



Pilih Daftar, jangan isi apa-apa dulu ya...
Setelah klik 'daftar', selanjutnya akan diarahkan menuju halaman berikut ini:

Nah, di situ, lihat yang berwarna biru di kanan atas layar, klik 'lanjutkan pendaftaran'. Setelah itu akan muncul formulir pendaftaran berikut ini:

Isiin deh data sesuai dengan apa yang kamu punya. Untuk kartu identitas, bisa pakai KTP bagi yang sudah punya. Kalau belum, bisa juga pakai kartu pelajar/mahasiswa. Selain itu, bisa juga pakai SIM, Paspor atau pun jika pilihan di atas tidak ada, pilihlah nomor KK. Jadi buat anak SD pun sudah bisa, sekalipun belum punya kartu pelajar (SD aku dulu nggak punya :'( ).

Selanjutnya, silakan isi nama sesuai kartu identitas yang dimiliki, dan juga nama ibu kandung. Buat alamat, diminta dua alamat. Pertama, alamat sesuai kartu identitas. Kedua, alamat saat ini. Kalau sama, tetap aja harus isi dua-duanya, hihihi.

Dalam pengisian data, kolom yang bertanda bintang (*) berarti wajib diisi. Yang nggak ada bintangnya boleh dikosongin. Yang paling penting, jangan sampe lupa password yang dimasukin. Kenapa? Karena passwordnya cuma dikasih satu kolom, nggak ada kolom konfirmasinya. So, kemungkinan salah ketik juga ada. Setelah semua diisi, jangan lupa centang kolom di bawah, agar muncul tombol daftarnya yang berwarna biru. Dan setelah itu....
Tadaaaaa...
Keanggotaan kita sudah terdaftar. Selanjutnya, kalau yang dekat perpusnas, ya tinggal ke kantornya buat ngambil kartu fisiknya. Buat yang jauh kalau mau juga nggak apa-apa, hehe.

Nah, kalau udah selesai mendaftar, kita akan mendapat nomor keanggotaan dan password yang tadi kita buat, langsung dapat digunakan untuk login e-Resources, cukup login di http://e-resources.pnri.go.id/ dan kita dapat mengakses ratusan ribu bahkan jutaan sumber referensi dari ProQuest, SAGE, Balai Pustaka, American Library Association, dll.



Info lebih lanjut, buka http://www.pnri.go.id/CaraRegistrasiEresource.aspx atau melalui email layanan_eresources@pnri.go.id
Mohon dengan sangat bantu sebar/share ke para pelajar dan mahasiswa serta masyarakat umum.

No comments:

Post a Comment