Sunday 4 October 2015

Don't Say No for FCC Indonesia 2015


Anda cinta mode? Tidak peduli siapakah Anda, desainer ternama kah, anak sekolah jurusan tata busana kah, mahasiswa jurusan mode atau mungkin 'hanya' ibu rumah tangga. Jika jawabannya 'alah iya'. Maka jangan katakan tidak untuk Ajang Fashion Crowd Challenge (FCC) tahun 2015 ini jika Anda memiliki kemampuan untuk menciptakan busana menarik dan memiliki nilai jual. Sebuah kompetisi fashion bergengsi berskala global ini sudah dibuka sejak September lalu. Lalu tunggu apa lagi?


Sangat disayangkan bila Anda melewatkan Kompetisi Global Desain Fashion Indonesia 2015 ini. Terlebih bila Anda seorang pemula atau mungkin hanya coba-coba membuat sebuah karya busana. Kenapa, karena event ini terbuka untuk segala kalangan. Baik desainer terkenal atau masih berstatus pelajar di jurusan mode sekalipun dapat berpartisipasi di kompetisi ini. Bukankah kita tak pernah tahu potensi yang ada dalam karya kita. Barangkali Anda berpikir, ini belum saatnya. Akan tetapi, siapa yang dapat menebak kejadian detik berikutnya. Hidup hanya sekali dan penyesalan jangan dibawa mati.

Talenta muda Jamrud Khatulistiwa, kompetisi ini bukan sekadar kompetisi biasa. Dapat pula dikatakan 'acara temu bakat', karena pada dasarnya ajang bergengsi ini hanya ingin memberikan kesempatan kepada para talenta muda desainer fashion Indonesia untuk go international. Dalam event berskala internasional ini, menggunakan metode penilaian yang unik. Selain tim juri yang berkompeten di bidangnya, pihak penyelenggara juga memberikan kesemoatan kepada penikmat mode untuk memberikan penilaian. Hal yang mendasari keputusan tersebut mungkin karena panitia penyelenggara event menyadari, bahwa penilai sesungguhnya adalah konsumen itu sendiri.

Event yang diselenggarakan ini tidak hanya untuk yang berani berkarya saja. Sebagaimana paparan di atas, pecinta mode atau masyarakat umum juga dilibatkan dalam penilaian hasil karya yang diperlombakan. Jadi, seluruh pecinta mode pun diharapkan untuk melibatkan dalam acara ini, baik di posisi peserta maupun dewan penilai atau dewan jurinya.

Indonesia, negeri dengan penduduk 5 besar dunia, jangan hanya diam dan berpangku. Saatnya untuk berkarya, unjuk diri pada dunia dengan semangat Indonesia Bisa. Kita dituntut harus lebih aktif di setiap lini yang kita dapat dikuasai. Selama ini negara kita sering dijadikan target empuk oleh produsen negara maju. Padahal, sumber daya manusia yang kita punya jelas tidak perlu diragukan. Akan tetapi, hanya dari sisi kuantitas. Kualitas, kompetisi desain fashion FCC 2015 salah satu pembuktiannya. Unjuk diri, unjuk karya, demi harga diri bangsa.

Indonesia tentu saja memiliki potensi besar di bidang yang satu ini. Keragaman budaya yang dimiliki negara kepulauan ini menjadi aset penting untuk diperkenalkan kepada dunia internasional. Mode atau fashion dengan sisipan unsur kearifan lokal yang Indonesia miliki akan mampu memikat konsumen global. Tentu pula bila ada desainer fashion Indonesia yang dapat memanfaatkan aset tak ternilai tersebut secara maksimal.

Nusantara juga dikenal sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Jadi, kenapa tidak memanfaatkan ajang bergengsi skala global ini untuk membuka mata dunia terhadap fashion bernada Islami. Beberapa desainer muda Indonesia saat ini telah berjaya dengan konsep busana Islami. Jadi, talenta muda yang memiliki kreativitas tinggi, ini saatnya memamerkan bakat yang ada, atau sekadar menyalurkan hasrat mode yang kita punya. Selain itu, tentunya bagi desainer muslim memiliki nilai dakwah tersendiri, yakni dalam rangka mensyiarkan budaya Islam di mata internasional dalam bidang mode. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui, bukan?

Jika Anda cinta Indonesia, cinta mode, dan berani berkarya. Maka mengikuti FCC Indonesia 2015 ini merupakan suatu keniscayaan. Baik untuk meramaikan acara sebagai peserta atau pun hanya sekadar sebagai penikmat hasil karya anak-anak bangsa. Sekadar tambahan, pihak penyelenggara menyediakan hadiah sebesar $ 250.000 bagi sang juara dan $ 100.000 sebagai dana peluncuran produk.

Untuk informasi dan pendaftaran, silakan klik www.fashioncrowdchallenge.com.
#dukungfashionindonesiafcc2015

6 comments:

  1. Thanks infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama...
      Ayuk, ikutan event ini...
      Siapa tau bisa juara di FCC 2015

      Delete
  2. Wah gak bisa desain, tapi kemarin ada teman yang suka desain baju, sapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada juga macam teh Nenden, mba Nay Zuraidah..
      Yang nggak bisa desain, bisa ikut lomba nulis macam ini, mba Umi...
      Deadline 15 Okt '15 kok, jadi masih sempat share...
      Share aja buat teman-teman penulis, sekadar iseng-iseng diisengin, hihihi

      Delete
  3. All the best, Armi... ☺🐱🐱

    Sangat bermanfaat. 👏👌

    ReplyDelete