Saturday 10 October 2015

Trik Jitu SEO Buat Pemula

Ternyata jadi blogger itu nggak gampang. Susah-susah gampang sih. Susahnya dua kali, gampangnya satu kali. Harus rajin-rajin buka google.com. Aktif cari informasi sana-sini. Padahal blog ini sebenarnya sudah lama, lebih dari satu tahun umurnya. Tapi, trafficnya menyedihkan. Karena ternyata, blog itu bukan masalah usia, tapi kegigihan pemiliknya.

Ah, langsung saja deh. Kemarin saya sudah buat Trik Blogger yaitu Transfer Domain Gratis Freenom ke Blogger. Dan hati ini, Trik Jitu SEO Buat Pemula siap diluncurkan. Sebelumnya, buat yang belum tau, SEO itu secara sederhana adalah cara mengoptimalkan search engine atau mesin pencari. Nah, dengan memanfaatkan teknik SEO, blog kita akan lebih mudah terdeteksi mesin pencari dan traffic blog pun akan meningkat.

Umumnya, SEO itu dilakukan dengan 'menanamkan' kata kunci atau keyword dalam artikel tulisan. Selain dengan penanaman keyword, agar blog lebih cepat terindeks search engine, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengirimkan URL artikel blog yang kita buat ke mesin pencari itu sendiri. Umumnya tool yang dipakai adalah:

Kedua alamat tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan URL artikel yang kita miliki supaya lebih mudah terdeteksi mesin pencari. Kalau teman-teman blogger punya tambahan silakan di kolom komentar ya.

Selain kedua cara itu, kita juga dapat memanfaatkan tool 'ping' yakni nge-'ping' ke situs-situs pencari agar mendatangi blog kita. Persis seperti dukun bakar menyan gitu, deh...

Nah, untuk pembakaran menyan ini, umumnya dapat dilakukan dengan dua situs ping online yang tersedia, yaitu:
Caranya hampir sama dengan cara submit URL tadi... Yakni memasukkan link yang kita punya ke kotak yang sudah mereka sediakan.

Demikian dulu informasi yang bisa saya bagikan tentang SEO. Eits, jangan lupa, blogwalking dan meninggalkan komentar itu sangat penting. Selain menjalin silaturrahmi, juga jika meninggalkan jejak berupa alamat web/blog kita, terutama di blog yang trafficnya bagus, imbasnya juga ngalir ke kita.

4 comments:

  1. wah keren ilmu gan , terima kasih ya gan sudah membagi ilmu SEO nya keren banegt, trus berkarya ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, Gan...
      Saling berbagi ilmu bermanfaat ya...

      Delete
  2. thanks boss sharingnya
    mohon banyak petunjuk buat
    http//:farasnet45.blogspot.co.id

    ReplyDelete