Thursday 8 October 2015

Transfer Domain Gratis Freenom ke Blogger.com

Domain freenom gratis? Ya, saya udah coba sendiri. Caranya simpel banget deh. Cukup login ke freenom.com dan cek ketersediaan domainnya. Pilihannya sih ada beberapa, tergantung mana yang agan suka aja. Mau domain .tk .ga .ml .cf atau .gq, semuanya gratis. Upppz, hampir lupa, gratis domain harus di atas 4 huruf ya.

Nah, kalau sudah sukses mendapatkan domain gratis itu. Tinggal transfer ke blog agan sebelumnya. Caranya gampang deh... Nih cara gampang transfer domain ke blogger.com.

Langkah pertama, login ke akun freenom agan. Kalau belum daftar bisa login pakai akun facebook, kok. Kalau lupa (atau nggak tau) passwordnya, gampang, di formulir loginnya, isikan email agan, trus klik request a password reset dan link ganti password freenom agan akan dikirim ke alamat email yang tadi diisikan.

Sudah masuk ke akun freenom agan, lalu masuk ke tab domain dan pilih my domain. Selanjutnya akan ditampilkan kolom nama domain agan, terus di ujung sebelah kanan ada tulisan manage domain, klik itu.

Ketika sudah di laman manage domain, selanjutnya, klik management tool, dan pilih name servers. Ada dua pilihan diberikan,
  • Use default name servers
  • Use custom name servers (enter below)
Nah, agan cukup pilih yang pertama aja ya. Lalu klik save. Setelah selesai, masuk ke Manage Freenom DNS. Adanya tuh di bagian ujung laman manage domain, pas di sebelah kanannya management tool.

Nah, di halaman manage freenom DNS, ada tabel yang harus agan isi datanya. Kalau cuma ada satu baris, bisa agan tambahkan menjadi tiga baris. Cara tambahinnya udah tinggal klik aja kok. Sampai di sini, cukup, jangan diapa-apain dulu. Lalu buka tab baru, biar bisa akses blogger agan, masuk ke tab setelan. Kalau lupa, tinggal klik desain, terus pilih setelan.

Di bagian setelan dasar, pasti ada yang namanya PENERBITAN, terus ada alamat blog. Dan klik siapkan URL PIHAK KETIGA. Nah, isikan nama domain agan tadi, misalnya www.baruu.ml (misal aja nih). Klik simpan, terus muncul peringatan error. Tapi jangan takut dan jangan tutup halaman dashboard, karena di halaman error tadi ada data yang harus diisikan di baris ketiga nanti.

Di baris pertama, di kolom NAME, cukup dikosongkan (what? Jangan tulis dikosongkan, tapi kosongin aja). Di kolom kedua TYPE, isikan A (memang udah disetel ke A, jadi nggak perlu diubah). Kolom ketiga TTL, nggak usah diapa-apain. Untuk nantinya di baris kedua dan ketiga sama, kolom TTL jangan diubah ya. Kolom keempat, TARGET, isikan 216.239.32.21

Baris kedua, kolom NAME, isikan nama domain agan yang baru, pakai www ya. Kolom TYPE pilih CNAME, di kolom TARGET isikan ghs.google.com

Baris ketiga, kolom NAME, isikan kode error yang tadi terlihat di dashboard blogger agan, adanya tuh di sebelah kiri. Kolom TYPE, pilih CNAME. Kolom TARGET isikan kode error yang ada di sebelah kanan kode yang tadi diisi untuk kolom name. (Ga bakal pusing deh kalau udah liat sendiri di dashboard blogger agan)

Jika ketiga baris itu semua udah selesai diisikan, klik save. Dan kembali lagi ke dashboar blogger agan, klik simpan. Selanjutnya, tunggu deh sekitar 5-15 menit. Blogger agan akan langsung jreeeng, masuk ke domain baru.

Nih gambar buat contoh...


No comments:

Post a Comment